BAKSOS, Bentuk Konkrit Sebuah Aksi

|
Mahasiswa yang sebagian kalangan menyebutnya adalah kaum intelektual, kaum terpelajar, kaum terdidik memiliki peranan penting dalam mengontrol kebijakan suatu negara. Mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab dalam proses pembelajarannya. Beda halnya dengan SD, SMP, SMA yang terlihat lebih santai dalm proses kesehariannya, tetapi mahasiswa adalah mereka yang peka terhadap keadaan sekitarnya, bahkan dengan orang tidak ia kenal sekalipun. Proses pembelajaran dan metode berfikirnya pun sangat jauh beda. Rata – rata kalangan SD, SMP, & SMA mungkin akan berfikir secara mudah, dan mementingkan kesenangannya sendiri tanpa melihat pada orang di sekitarnya.

Kepekaan dan kepedulian pada seorang mahasiswa dapat mereka lakukan dengan berbagai macam cara. Ada yang melakukan bakti sosial ( baksos ), demonstrasi, penyuluhan, dan lain sebagainya yang mereka anggap paling pantas dilakukan. Yang kini menjadi sorotan media ialah bentuk sebuah demonstrasi karena sering kali ricuh dengan aparat. Mengapa hal ini bisa terjadi sesama insan yang sama – sama pernah menempuh pendidikan ? Seharusnya sebagai insan yang berpendidikan malu ketika menyelesaikan suatu problematika dengan cara kekerasan.

Pengalaman saya ketika aksi yang paling berkesan ialah melakukan bakti sosial ( baksos ). Menurut saya baksos merupakan bentuk konkrit sebuah aksi yang dapat langsung disalurkan kepada mereka yang memerlukan tanpa harus berteriak – teriak di depan kantor wakil rakyat yang belum tentu suara kita di dengar oleh mereka. Baksos dapat dilakukan bukan hanya karena ada moment bencana alam, tetapi baksos juga dapat dilakukan untuk membantu yayasan sosial seperti panti asuhan.
Tak pernah terbayangkan dalam benak saya sebelumnya dapat membantu mereka yang sedang tertimpa musibah dengan hasil jerih payah sendiri. Saya berharap untuk kedepannya kegiatan semacam ini berlanjut terus. Tetapi bukan berarti saya menginginkan adanya bencana alam di bumi ini, namun kita dapat melakukannya dalam moment lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar